Text
Pengaruh kompetensi pedagogik, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja dosen Universitas PGRI Palembang
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, MOTIVASI KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
ABSTRAK
Salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di perguruan tinggi adalah kinerja dosen. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dosen meliputi perilaku organisasi dan mekanisme individu. Kompetensi pedagogik adalah salah satu bagian dari perilaku organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja sebagai bagian dari mekanisme individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja dosen. Survei dilakukan pada 172 dosen di UPGRI Palembang, Indonesia, sebagai sampel acak purposive. Data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan analisis jalur untuk melakukan pengujian hipotesis. Temuan-temuan dari penelitian ini meliputi bahwa (1) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh langsung pada kinerja; (2) motivasi kerja memiliki pengaruh langsung pada kinerja; (3) kepuasan kerja memiliki pengaruh langsung pada kinerja. (4) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh langsung pada motivasi kerja dan (5) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh langsung pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling signifikan terhadap kinerja. Oleh karena itu, perlu adanya upaya memperkuat kepuasan kerja, meningkatkan motivasi kerja dan kompetensi pedagogik guna meningkatkan kinerja dosen Universitas PGRI Palembang.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja
DD00002357 | D 2357 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain