Text
Manajemen sekolah berbasis teaching factory : sebuah studi kasus pada SMK Katolik St. Mikael Surakarta
MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS TEACHING FACTORY
(Sebuah Studi Kasus pada SMK Katolik St. Mikael Surakarta)
ALEXIUS DWI WIDIATNA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali manajemen sekolah yang mengimplementasikan teaching factory. Teaching factory adalah metode pengajaran dan pembelajaran yang cocok, yang harus didukung oleh manajemen sekolah yang efektif yang terdiri dari kurikulum dan pengajaran, tenaga pendidikan, peserta didik, sarana dan prasarana, keuangan sekolah, dan hubungan kerjasama industri, untuk mengintegrasikan proses pendidikan dan proses industri, dan untuk menjembatani kebutuhan akan tenaga kerja terampil dari perusahaan industri dengan kompetensi peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, observasi partisipasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, ketua program keahlian. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui proses kondensasi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasilnya, peneliti menemukan keunikan manajemen sekolah yang mengimplementasikan teaching factory di SMK Katolik St. Mikael Surakarta untuk meningkatkan kompetensi setiap peserta didik supaya siap bekerja di perusahan bisnis dan industri. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi yang berarti bagi para peneliti yang relevan, pemangku pendidikan, dan praktisi pendidikan yang ingin mengembangkan pendidikan teknik atau pendidikan vokasi melalui teaching factory.
Kata kunci: learning factory, manajemen sekolah, teaching factory, pendidikan vokasi.
DD00002345 | D 2345 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain