Text
Model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis rainbow & musik untuk siswa kelas TK B
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LONCAT
BERBASIS RAINBOW & MUSIC
UNTUK SISWA KELAS TK B
Moerni Galuh Pratiwi
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah membuat dan menghasilkan produk model
pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow & Music yang dapat diterapkan
untuk siswa di Taman Kanak-Kanak pada kelas TK B, sehingga dapat membantu guru
pada saat proses pembelajaran motorik kasar, khususnya pada materi gerak dasar
loncat yang di kombinasikan dengan pembelajaran tematik. Sesuai dengan tujuan yang
digunakan oleh peneliti yaitu sampai enam langkah penelitian atau sampai tahap uji
coba produk dengan uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out), yang dimana
penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dari
Sugiyono.
Setelah peneliti membuat beberapa produk model pembelajaran, selanjutkan akan
melalu tahap proses validasi yang dilakukan oleh dua orang para ahli atau telaah pakar
(Expert Judgment), kemudian diterapkannya untuk uji coba kelompok kecil (Small
Group Try-out) pada siswa kelas TK B. Uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out)
dilakukan pada dua sekolah Taman Kanak-Kanak. Pada masing-masing model
pembelajaran yang diterapkan, peneliti menceritakan atau membuat narasi tentang
kondisi yang terjadi pada saat penerapan model berlangsung. Kesimpulan pada model
pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow & Music ini, dapat digunakan untuk
guru di Taman Kanak-Kanak dalam memberikan pembelajaran gerak dasar loncat yang
dapat diterapkan untuk siswa di kelas TK B.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Gerak Dasar Loncat, Siswa Taman
Kanak-Kanak.
SS00020145 | SK 20145 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain