Text
Model belajar menggiring bola pada permainan hockey
RINGKASAN
EVA SURYATI. MODEL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN HOCKEY. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Olahraga. Universitas Negera Jakarta, 2019
Penelitian ini bertujuan membuat model belajar menggiring bola pada permainan hockey diharapkan dapat menjadi bentuk pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, sehingga dapat menghilangkan kebosanan dan kejenuhan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research & Development yang akan menghasilkan produk berupa model pembelajaran. Dari sepuluh langkah model Sugiyono, peneliti hanya sampai pada tahap ke enam. yaitu: (1) Potensi dan masalah. (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk awal, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk.
Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan ahli dalam bidang permainan hockey dan pelatih yang juga berprofesi guru pendidikan jasmani sebagai expert judgment. Uji validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model pembelajaran menggiring bola pada permainan hockey yang telah dibuat kemudian dikonsultasikan dan setelah itu dinilai oleh para ahli. Pembuatan awal model pembelajaran menggiring bola pada permainan hockey menggunakan 15 model setelah itu divalidasi. Berikutnya diuji coba skala kecil dengan jumlah sampel 30 siswa di SMA Negeri 58 Jakarta dan diuji coba skala besar dengan jumlah sampel 108 siswa di SMA Negeri 76 Jakarta.
Model pembelajaran menggiring bola pada permainan hockey ini juga dapat dijadikan bahan referensi bagi guru dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa SMA. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan produk model pembelajaran menggiring bola pada permainan hockey pada siswa kelas X SMA Negeri 76 Jakarta sebanyak 12 model.
Kata Kunci: Model pembelajaran, menggiring bola pada permainan hockey, SMAN 76 Jakarta
SS00020143 | SK 20143 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain