Text
Penerapan permainan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa SMPN 1 Ciampea Bogor
RINGKASAN
AYU TRIAGARINI, ”PENERAPAN PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMPN 1 CIAMPEA BOGOR”. Skripsi : Jakarta, Program Studi Ilmu Keolahragaan Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Desember 2018
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan permainan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa SMPN 1 Ciampea Bogor. Waktu penelitian terhitung selama 4 bulan dimulai dari bulan September sampai dengan bulan Desember 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) menurut Kemmis and Taggart, dimana penelitian menggunakan beberapa siklus yaitu diagnosis masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data, evaluasi dan terakhir refleksi.
Berdasarkan hasil yang diperoleh data presentase tes awal sebanyak 75% (29 siswa) masuk dalam kategori “kurang”, sebanyak 20% (9 siswa) masuk dalam kategori “cukup”, sebanyak 5% (2 siswa) masuk dalam kategori “baik”. Hasil tes siklus 1 sebanyak 20% (8 siswa) masuk dalam kategori “kurang”, sebanyak 20% (14 siswa) masuk dalam kategori “cukup”, sebanyak 60% (18 siswa) masuk dalam kategori “baik”. Hasil tes siklus 2 sebanyak 5% (6 siswa) masuk dalam kategori “kurang”, sebanyak 10% (12 siswa) masuk dalam kategori “cukup”, sebanyak 80% (22 siswa) masuk dalam kategori “baik”. Dari data tersebut menyatakan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan emosional pada siswa SMPN 1 Ciampea Bogor
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kelompok dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMPN 1 Ciampea Bogor.
Kata Kunci : Permainan Kelompok, Kecerdasan Emosional, Siswa SMPN 1 Ciampea Bogor
SS00020141 | SK 20141 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain