Text
Hubungan kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa-siswi kelas Xi SMA Negeri 30 Jakarta
HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA-SISWI KELAS XI SMA NEGERI 30 JAKARTA
RINGKASAN
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan motivasi belajar SMAN 30 Jakarta yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar penjas siswa siswi kelas XI SMAN 30 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelarsional menggunakan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI SMAN 30 Jakarta yang berjumlah 215 atau XI kelas yang sedang mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Teknik sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data peneliti akan menggunakan, observasi/pengamatan dengan instrumen tes kebugaran jasmani yang akan di ukur melalui tes kebugaran, kuesioner (angket) instrumen digunakan untuk variabel motivasi belajar penjas dan kecerdasan emosional. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yaitu mencari persamaan regresi linier ganda, mencari koefisien korelasi lalu mencari keberartian koefisien korelasi dan mencari koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersamaan antara Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Penjas dengan Fhitung = 25,50 > Ftabel (3,15). Nilai koefisien determinasi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 44,89% dengan rincian variabel kebugaran jasmani memberikan sumbangan efektif sebesar 11,62% variabel kecerdasan emosional membarikan sumbangan efektif sebesar 36%.
Kata kunci : Kebugaran Jasmani, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Penjas.
SS00020160 | SK 20160 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain