Text
Efektifitas belajar passing berpasangan dan passing menggunakan media target untuk meningkatkan teknik passing pada ekstrakurikuler rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan
RINGKASAN
ANDIKA YUDISTIRA PRATAMA. “Efektifitas Belajar Passing Berpasangan Dan Passing Menggunakan Media Target Untuk Meningkatkan Teknik Passing Pada Ekstrakurikuler Rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan” Skripsi : Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2018.
Skripsi ini bertujuan untuk mencari dan menemukan metode mana yang lebih signifikan dalam memberikan kontribusi pada peningkatan teknik passing, dengan menggunakan metode passing berpasangan dan passing menggunakan media target.
Penelitian ini dilakukan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan dengan total sampel 30 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan membandingkan antara dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1 yaitu kelompok passing berpasangan 15 orang dan kelompok eksperimen 2 kelompok passing menggunakan media target 15 orang sebagai pembandingnya sehingga setelah diadakan latihan atau perlakuan akan terlihat pengaruhnya dari latihan tersebut.
Terjadi peningkatan hasil kemampuan teknik dasar passing setelah diberikan metode belajar passing berpasangan dengan nilai t-hitung 9.69 lebih besar dari t-tabel 2.14. selain itu, juga terjadi peningkatan hasil kemampuan teknik dasar passing setelah diberikan metode belajar passing menggunakan media target dengan nilai t-hitung 8.17 lebih besar dari t-tabel 2.14.
Terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan metode belajar passing berpasangan. Dapat disimpulkan bahwa belajar passing berpasangan lebih efektif dibandingkan belajar passing menggunakan media target untuk meningkatkan hasil keterampilan passing pada siswa ekstrakurikuler Rugby SMA Darunnajah Jakarta Selatan.
SS00020162 | SK 20162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2020.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain