Text
Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli mini dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur
RINGKASAN
SANDI ARIF KUSUMO. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur (2019). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimulai pada tanggal 4 Desember 2018 sampai tanggal 11 Desember 2018, dan jadwal mengajar setiap hari Selasa pukul 10.00 WIB.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SDN Rawamangun 09 untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 76. Perubahan atau peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan strategi berpasangan dapat dilihat pada hasil penilaian proses passing bawah bola voli.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1). Masih banyak siswa yang belum paham akan teknik gerakan passing bawah. 2). Masih banyak siswa yang belum dapat melakukan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Nilai ketuntasan siswa disiklus I mencapai 55%, akan tetapi walaupun sudah 50% lulus masih banyak siswa yang belum mendapatkan nilai di atas dari KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 76.
Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1). siswa dapat menguasai konsep pembelajaran passing bawah berpasangan permainan bola voli dengan baik dan benar, 2) siswa dapat melakukan tahapan passing bawah bola voli berpasangan dengan benar. 3) seluruh siswa dapat menjelaskan dan mempraktikan cara gerakan passing bawah permainan bola voli dengan benar.
Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar menggunakan strategi berpasangan, tes awal nilai rata-rata siswa 67,91, siklus I nilai rata-rata siswa 75,20 dan siklus II nilai rata-rata siswa 86,24. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (22,5%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas 22 siswa (55%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 40 siswa (100%).
SS00020184 | SK 20184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain