Text
Efektifitas metode bagian dan keseluruhan terhadap keterampilan teknik pukulan forehand drive pada siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat dalam mengikuti ekstrakurikuler squash
Abstrak
ANSHAR ADLI, Efektivitas Metode Bagian dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Teknik Pukulan Forehand Drive Pada Siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Squash. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Olahraga Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode bagian dapat membantu siswa untuk mempermudah mempelajari keterampilan teknik forehand drive. (2) Apakah metode keseluruhan dapat membantu siswa untuk mempermudah mempelajari keterampilan teknik forehand drive. (3) Manakah yang lebih efektif antara metode bagian dan metode keseluruhan.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan tes awal kemudian dilanjutkan dengan memberikan perlakuan berupa program latihan dengan metode bagian dan keseluruhan, diakhiri dengan memberikan tes akhir. Selama 2 minggu ( 5 pertemuan ) sampel yang diambil menggunakan total sampling sebanyak 20 sampel.
Pengambilan data dilaksanakan di Stadion Squash Kabupaten Tanggerang, Sampora, Cisauk, Tanggerang, Banten. Pada tanggal 8 desember sampai 22 desember 2018.
ii
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan memberikan metode agar dapat meningkatkan keterampilan teknik pukulan forehand drive pada siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat. Instrument penelitian yang digunakan berupa blanko penelitian, dengan indikator metode bagian yaitu sikap awal, sikap perkenaan bola, sikap pada saat memukul bola, dan sikap akhir. Dengan indikator metode keseluruhan yaitu teknik pukulan forehand drive.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : Terdapat Peningkatan Teknik Pukulan Forehand Drive Setelah Diberikan Dengan Metode Bagian diperoleh nilai thitung sebesar 15,687, jika dibandingkan dengan ttabel ternyata lebih besar daripada ttabel sebesar 1,83 pada taraf signifikan ꭤ = 0,05 dan derajat kebebasan n-1 = 10 – 1 = 9.
Terdapat Peningkatan Teknik Pukulan Forehand Drive Setelah Diberikan Dengan Metode Keseluruhan diperoleh nilai thitung sebesar 14,808, jika dibandingkan dengan ttabel ternyata lebih besar daripada ttabel sebesar 1,83 pada taraf signifikan ꭤ = 0,05 dan derajat kebebasan n-1 = 10 – 1 = 9.
Efektifitas Pengaruh Metode Bagian dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Teknik Pukulan Forehand Drive pada siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat yang mengikuti ekstrakurikuler squash diperoleh nilai thitung sebesar 4,094, jika dibandingkan dengan ttabel ternyata lebih besar daripada ttabel sebesar 2,101 dengan taraf signifikan ꭤ = 0,05 : 2 = 0,025 (uji 2 sisi) dan dengan derajat kebebasan (df) n-2 = 18. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai antara Metode bagian dan keseluruhan.
iii
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa metode bagian dan keseluruhan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik pukulan forehand drive pada siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat. Dan metode bagian lebih efektif di bandikan dengan metode keseluruhan terhadap keterampilan teknik pukulan forehand drive pada siswa SMA Negeri 35 Jakarta Pusat
SS00020190 | SK 20190 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain