Text
Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat technopreunership terhadap siswa homeschooling
ABSTRAK
Maulana Imam Baiquni. Skripsi: Identifikasi faktor-faktor minat technopreneurship terhadap Siswa homeschooling. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor minat technopreneurship terhadap siswa Homeschooling, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa Homeschooling primagama sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan asosiatif. Data penelitan primer adalah faktor-faktor minat technopreneurship. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor minat technopreneurship, presentase berdasarkan keseluruhan indikator dengan jumlah pertanyaan/pernyataan tiga puluh tiga soal, maka nilai presentase tertinggi ada pada 5 indikator dari 11 indikator yang ada. Kelima indikator tersebut yaitu, indikator dukungan orang tua sebesar 10,94%, minat wirausaha sebesar 10,60%, kurikulum homeschooling 10,35%, pengalaman belajar di homeschooling 9,88%, pengetahuan IPTEK 9,38%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa siswa lebih memilih sekolah di homeschooling karena sistem belajar yang berbeda dengan sekolah formal dan siswa juga bisa menentukan jadwal belajar sendiri. Selain itu, siswa homeschooling mendapat dukungan dari lingkungan belajar di rumah yaitu orang tua yang memfasilitasi untuk mengembangkan hobi siswa, juga siswa homeschooling tertarik akan minat berwirausaha dengan memanfaatkan ilmu teknologi (Technopreneurship).
Kata Kunci : Homeschooling, minat technopreneurship
SS00020258 | SK 20258 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain