Text
Pengaruh diagram intonasi terhadap hasil belajar membaca nyaring (qiraah Jahriyah) mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
SITI ULFAH FAUZIAH, Pengaruh Diagram Intonasi Terhadap Hasil Belajar
Membaca Nyaring Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UNJ. Skripsi. Jakarta :
Program Studi Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas
Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ pada
semester 1 tahun Ajaran 2018-2019, yang dimulai pada bulan September –
November 2018 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai media
“diagram Intonasi “ dalam meningkatkan hasil belajar membaca nyaring mahasiswa
Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan
samplenya adalah mahasiswa Pendidikan bahasa Arab 2018 kelas a,b,c dan d
sejumlah 108 mahasiswa terdiri dari 56 mahasiswa kelas eksperimen dan 52
mahasiswa kelas kontrol . teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara
“porposive sampling “ yaitu teknik pengambilan sample secara sengaja sesuai
dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrument yang digunakan adalah
observasi (pengamatan) teknik analisis data yang digunakan adalah statistika
deskriptif, validitas dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf
signitifikansi = 0,05.
Setelah dilakukan maka peneliti telah menemukan pengaruh yang positif
terhadap hasil belajar membaca nyaring mahasiswa pendidikan bahasa Arab dengan
menggunakan media diagram intonasi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data
sebagai berikut : Hasil uji-t diperoleh setelah uji validitas dan uji homogenitas . uji
homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang
homogenitas x2 hitung (53,17) < X2 tabel (131,03) , uji normalitas yang memiliki
data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,100) < L Tabel (0,118). Setelah
dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (3,3) sedangkan
nilai T tabel (1,685) untuk derajak kebebasan (dk=106) karena T-Hitung yang
diperoleh lebih besar daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis penelitian (H1) diterima.
Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa pengaruh diagram intonasi
dalam pembelajaran membaca nyaring terdapat pengaruh positif terhadap
mahasiswa PBA dan termasuk media pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca nyaring mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
SS00020275 | SK 20275 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain