Text
Macam-macam maf'ul dalam qasidah Imam Syafi'i serta implikasinya terhadap pengajaran ilmu nahwu
ABSTRAK
Diky Faturohman. Macam-macam Maf’ul dalam Qasidah Imam Syafi’i serta Implikasinya terhadap Pengajaran Ilmu Nahwu. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam maf’ul yang terdapat dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan Muhammad Abdurrahim dkk, sehingga dapat diaplikasikan dalam pengajaran ilmu nahwu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang terkait pada analisis pusat pengajaran dari penggunaan macam-macam maf’ul dalam buku “Diwan Imam Syafi’i” karangan Muhammad Abdurrahim dkk yang terdiri dari 248 qasidah, akan tetapi peneliti hanya memilih 31 qasidah dan implikasinya terhadap pengajaran ilmu nahwu.
Maf’ul adalah kata benda turunan dari kata kerja pasif untuk menunjukkan sesuatu yang dikerjakan. Dan didalam penelitian ini peneliti menemukan 231 maf’ul yang berbeda, yang terdiri dari 193 maf’ul bih, 4 maf’ul mutlaq, 18 maf’ul fih, 13 maf’ul liajlih, dan 3 maf’ul ma’ah.
Semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan diimplikasikan oleh para guru bahasa Arab dalam pengajaran ilmu nahwu agar mempermudah pendidik dalam menjelaskan ilmu nahwu khususnya dalam pembahasan maf’ulat kepada mahasiswa, agar mahasiswa dapat memahami dan mereka tidak mendapatkan kesulitan dalam mempelajarinya.
SS00020276 | SK 20276 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain