Text
Pengembangan media ludo untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading
ABSTRAK
Khifni Nurani, Pengembangan Media LUDO Untuk Pembelajaran
kosakata Bahasa Arab di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Jakarta. 2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Ludo sebagai
media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan penguasaan
kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading;
mengetahui kelayakan media pembelajaran Ludo berdasarkan penelitian dari ahli
materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa di SMA Islam Al-Azhar
Kelapa Gading terhadap media pembelajaran Ludo.
Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran
Ludo: 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar. Jadi
analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) Desain
(Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. Desain papan
permainan dan kartu soal memuat gambar dan kosakata bahasa Arab, 3)
Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan
dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz
Ario Sina, S.Hum) dan ahli media (Ustadz Raden Ahmad Barnabas, M.Pd), 4)
Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Ludo di
SMAI Al-Azhar Kelapa Gading dengan 15 siswa uji coba lapangan. Uji coba
dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan,
5)Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang
diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa SMAI Al-Azhar Kelapa
Gading.
Tingkat kelayakan media pembelajaran ludo berdasarkan penilaian: 1) Ahli
Materi diperoleh rerata presentase skor 96% yang termasuk dalam kategori Sangat
Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 94% yang termasuk dalam
kategori Sangat Layak. 3) Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba lapangan
diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak.
Dengan demikian, maka media ludo layak digunakan sebagai media pembelajaran.
SS00020269 | SK 20269 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain