Text
Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode bercerita berpasangan "paired storytelling" di SMP Al-Jihad Jakarta Utara
ABSTRAK
MEGATAMA. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Cooperative Learning Model "Paired Storytelling" di SMP Al-Jihad Jakarta Utara. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Paired Storytelling dalam pembelajaran bahasa Arab, untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab kelas VII di SMP Al-Jihad Jakarta
Penelitian ini bersifat Kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan Interview, Observasi, dan Dokumentasi, penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap 40 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu Plan (perencanaan), Action (tindakan), dan Observe (pengamatan), dan Reflect (refleksi).
Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Penerapan metode Paired Storytelling diberi tugas kelompok untuk melakukan percakapan khiwar dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi atau penilaian dari setiap hasil kerja. Kedua adanya keterampilan berbicara Arab dari Siklus I dan Siklus II. Pada siklus pertama Nilai rata-rata 54,8%, pada siklus II Nilai rata-rata 99,5% , berarti hasil uji nilai Post-Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada Kemampuan Berbicara Bahasa Arab siswa SMP Al-Jihad Jakarta Utara.
SS00020280 | SK 20280 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain