Text
Peran guru yang baik dalam film Les Choristes karya Christophe Barratier
ABSTRAK
Nafisa Adib Izzatul Ula. 2019. Peran guru yang baik dalam Film Les Choristes Karya Christophe Barratier. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru yang baik yang terdapat di dalam film Les Choristes karya Christophe Barratier. Gambaran tersebut terdiri dari 6 komponen yaitu (1) penseur (pemikir) ; (2) preneur des décisions (pengambil keputusan) ; (3) motivateur (motivator) ; (4) modèle (contoh) ; (5) médiateur (mediator) ; dan (6) entraîneur (pelatih). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran guru yang baik yang terdapat pada naskah film Les Choristes karya Christophe Barratier.
Penelitian ini adalah suatu penelitian kualitatif deskriptif yang objek penelitiannya adalah film Les Choristes karya Christophe Barratier. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan simak dan catat (Sudaryanto 2015 : 203-206). Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan dialog yang berasal dari naskah film Les Choristes karya Christophe Barratier. Peneliti bertindak sebagai instrumen dengan membuat tabel analisis data berdasarkan teori peran guru yang baik. sebelum proses analisis dilakukan, data terlebih dahulu direduksi dengan menonton, mencatat dan menganalisis film Les Choristes karya Christophe Barratier kemudian, data tersebut disajikan dalam tabel analisis data yang diklarifikasikan sesuai peran guru yang baik yang dipaparkan. (Miles dan Hubermen (1992 : 16)).
Hasil penelitian ini menunjukkan total keseluruhan terdapat 24 kalimat dalam dialog dan narasi yang mengambarkan peran guru yang baik, setiap 1 kalimat dapat mengandung dua atau tiga jenis peran guru yang baik. Sehingga apabila dirincikan dari peran guru yang baik dari yang terbanyak ditemukan adalah penseur (9 kalimat). Setelah itu peran guru yang baik sebagai preneur des décisions (5 kalimat) Selanjutnya, peran guru yang baik sebagai motivateur (4 kalimat). Lalu, peran guru yang baik sebagai médiateur (3 kalimat). Kemudian peran guru yang baik sebagai entraineur (2 kalimat). Selanjutnya adalah peran guru yang baik sebagi modèle (1 kalimat). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu tambahan bagi calon pendidik khususnya mahasiswa bahasa Prancis untuk mempersiapkan diri menjadi peran guru yang baik.
Kata Kunci: Film, Les Choristes, peran guru, peran guru yang baik
SS00019687 | SK 19687 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain