Text
Pembelajaran notasi balok dengan metode pembelajaran cooperative learning pada kelas VII SMP Labschool Rawamangun Jakarta : sebuah penelitian eksperimen sederhana
ABSTRAK
Binsar Marolop Siahaan. 2019. Pembelajaran Notasi Balok Dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Kelas VII SMP Labschool Rawamangun Jakarta (Sebuah Penelitian Eksperimen Sederhana). Skripsi. Jakarta : Prodi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar siswa kelas 7 SMP Labshool Rawamangun Jakarta.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen terhadap kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini jumlah keseluruhan sampel sebanyak 65 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, jumlah siswa kelas 7D (kelompok kelas eksperimen) sebanyak 30 siswa dan jumlah siswa kelas 7F (kelompok kelas kontrol) sebanyak 35 siswa. Data didapatkan dengan cara siswa mengisi instrumen pre-test dan post-test dengan jumlah 6 butir soal isian. Instrumen yang digunakan sudah standar sekolah musik Royal yaitu buku yang berjudul My Second Theory Book New Edition yang ditulis oleh Lina Ng.
Hasil Penelitian ini adalah pengujian hipotesis yang menggunakan uji T independen yang dikonversi ke dalam Thitung dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Thitung 2,244 sedangkan nilai Ttabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu Ttabel = 1,998. Karena Thitung > Ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya pembelajara notasi balok dengan metode Cooperative Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan notasi balok dengan metode ceramah pada kelas 7 semester 1 tahun ajaran 2018 di SMP Labschool Rawamangun Jakarta.
Kata Kunci : Pembelajaran, Notasi Balok, Metode Pembelajaran, Cooperative Learning
SS00019683 | SK 19683 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain