Text
Karakter tari Topeng Klana Cirebon gaya Selangit sebagai materi pelatihan di Sanggar Seni Sekar Pandan di Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat
ABSTRAK
Desti Apriyanti. 2019. Karakter Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Slangit Sebagai Materi Pelatihan Di Sanggar Seni Di Kota Cirebon Jawa Barat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter Tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit sebagai materi pelatihan di Sanggar Seni Sekar Pandan di Kota Cirebon dan mendeskripsikan kegiatan proses pelatihan Tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit di Sanggar Seni Sekar Pandan di Kota Cirebon. Penelitian dilaksanakan karena tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit sering dipertunjukkan dan animo masyarakat terlihat sangat tinggi dengan pementasannya, sehingga ingin diketahui proses pelatihannya. Penelitian ini difokuskan pada karakter tari dan proses pelatihan yang menghasilkan pementasan tari yang menarik.
Penelitian ini menggunakan prosedur kualitatif jenis deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Teknik analisisnya menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian diperoleh data bahwa karakter tari topeng Klana gaya Slangit termasuk karakter paling gagah dalam urutan sajian tari Topeng lima wanda. Tari Topeng Klana gaya Slangit menggambarkan perkembangan jiwa dan akhlak manusia, yaitu serakah, angkara murka, dan pemarah. Maka, gerak-gerak yang ditampilkan dinamis dan energik. Setiap perpindahan gerak di tanjak dua setelah memakai topeng selalu ada gerak nindak dan gerak capang, lalu dilanjutkan pada gerakan selanjutnya.
Penelitian ini dilakukan di Sanggar Seni Sekar Pandan. Sanggar Seni Sekar Pandan masih di bawah bimbingan Inu Kertapati sebagai Maestro tari Topeng Cirebon gaya Slangit. Proses pelatihan dilakukan dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan tidak punya program pelatihan secara tertulis. Metode pelatihan di Sanggar Seni Sekar Pandan menggunakan metode demonstari, tanya jawab dan penugasan.
Kata Kunci: Karakter tari, Topeng Klana, Materi Pelatihan.
SS00019684 | SK 19684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain