Text
Pengaruh penggunaan media audiovisual slide powerpoint terhadap keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 41 Jakarta
ABSTRAK
Sagita Rizkyah Lestari. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Slide PowerPoint terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Negeri 41 Jakarta. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Februari. 2019
Proses pembelajaran bahasa Mandarin yang menarik membutuhkan suatu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Media pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memperoleh hasil yang maksimal terutama pada proses pembelajaran bahasa yang mencakupi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media audiovisual Slide PowerPoint pada keterampilan berbicara siswa kelas X jurusan Pemasaran dan membuktikan bahwa penggunaan media audiovisual Slide PowerPoint berpengaruh pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK Negeri 41 Jakarta.
Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 41 Jakarta yang berjumlah 252 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Pemasaran yang berjumlah 68 siswa. Kelas X Pemasaran 2 yang terdiri dari 34 siswa bertindak sebagai kelas eksperimen dan kelas X Pemasaran 1 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes keterampilan berbicara dan wawancara sebagai instrumen penelitian.
Data penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Mandarin pada pretest dan posttest. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Independent Sampels T-Test, diperoleh nilai probabilitas (p value) sebesar 0,011 pada taraf signifikansi p < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,011 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media audiovisual Slide PowerPoint berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Negeri 41 Jakarta.
Kata kunci: media pembelajaran, Slide PowerPoint, keterampilan berbicara, bahasa Mandarin
SS00019662 | SK 19662 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain