Text
The learning of language features in English textbook : a content analysis of XII grade vocational school English textbook
ABSTRAK
NAZLA AZKIA YUSKA. 2018. Pembelajaran Unsur Kebahasaan dalam Buku Bahasa Inggris: Analisis Buku Bahasa Inggris Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Oktober. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsur kebahasaan apa saja yang menjadi target dari setiap tugas dan kegiatan untuk menyelesaikan tugas dalam buku pelajaran Bahasa Inggris “Forward” kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini adalah tugas-tugas pada bagian Easy Does It, Improving Your Spoken English,dan Improving Your Written Englishdari bab 1-12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 81 dari 236 tugas memiliki target belajar yang berhubungan dengan unsur-unsur kebahasaan. 81 tugas tersebut dibagi menjadi 44 tugas tentang kosakata, 31 tugas fokus pada tata bahasa, 10 tugas mengenai penggunaan expression, dan 10 tugas fokus pada pengucapan. Di lain sisi, terdapat 21 kegiatan yang berbeda yang dari seluruh tugas untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Temuan tersebut juga memberikan temuan bahwa dari 236 tugas, hanya ada 39 tugas yang sesuai dengan fungsi sosial atau tujuan pembelajaran dari setiap bab. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar tugas yang ada pada buku pelajaranBahasaInggris“Forward”kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan belum memfasilitasi siswa untuk mencapai fungsi sosial atau tujuan pembelajaran.
Kata Kunci: Unsur Kebahasaan, Buku Pelajaran Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Kejuruan
SS00019730 | SK 19730 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain