Text
The power practice in the teacher's talk : a case study in managing classroom grade XI in Angkasa II Secondary School
ABSTRAK
RATIH KISDIANI, 2019. Praktik Kekuasaan dalam Ucapan Guru (Studi Kasus dalam Pengelolaan Kelas di Sekolah Menengah Atas Angkasa II), Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ucapan guru dalam mengelola manajemen kelas menggunakan praktik kekuasaan di kegiatan mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Atas. Interaksi kelas selama pembelajaran Bahasa Inggris direkam dan ditranskripsikan untuk menggambarkan proses interaksi kelas. Transkripsi dianalisis untuk mengkategorikan ucapan guru yang menunjukkan sebuah praktik kekuasaan pada saat mengelelola kelas, terutama di kelas sebelas program studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan ada 77,17% ucapan guru yang dapat dikategorikan sebagai praktik kekuasaan. Terdiri dari 47,63% ucapan praktik kekuasaan yang sah, 10,13% ucapan praktik kepakaran, 8,11% ucapan praktik kekuasaan balas jasa, 7,9% ucapan praktik kekuasaan paksa, 3,4% ucapan praktik kekuasaan rujukan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa praktik kekuasaan yang sah adalah kekuasaan yang sering digunakan oleh guru dalam pengucapannya. Ucapan guru yang diberikan pada siswa masih dominan menggunakan bahasa Indonesia dan terkadang menggunakan bahasa Inggris ketika menyampaikan materi.
Kata kunci: praktik kekuasaan, ucapan guru, manajemen kelas
SS00019724 | SK 19724 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain