Text
Exploring high order thinking skills in English summative test based on Bloom's Revised Taxonomy
ABSTRAK
DEVI AGUSTINA. 2018. Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Test Sumatif Bahasa Inggris Berdasarkan Revisi dari Bloom’s Taksonomi. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi jumlah tingkat berpikir tingkat tinggi dalam tes sumatif yang digunakan oleh x kelas semester dua. Penelitian ini dimulai sejak bulan februari hingga November 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yaitu analisis konten. Data dari penelitian ini adalah 40 butir soal test. Sumber data penelitian ini adalah test sumatif bahasa Inggris yang disusun oleh guru kelas untuk kelas 10 semester 2 di SMAN 72 Jakarta. Instrumen penelitian ini adalah tabel ukuran kognitif dan pengetahuan yang diadaptasi dari (Krathwohl. 2002). Tabel tersebut terdiri dari enam tingkatan ukuran proses kognitif yaitu: Mengingat, Mengerti, Mengaplikasikan, Menganalisis, Mengevaluasi and Membuat. Dan terdiri pula dari tingkatan ukuran pengetahuan yaitu: Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual, Pengertian prosedural, dan pengetahuan meta kognitif. Tingkatan kognitif terserbar dari tingkat mengingat hingga tingkat mengaplikasikan sedangkan tingkat mengevaluasi dan membuat tidak ada di dalam ulangan kelas bahasa Inggris terserbut. Tingkat ukuran pengetahuan tersebar dari pengetahuan faktual hingga pengetahuan prosedural sedangkat pengetahuan meta kognitif tidak muncul dalam ulangan kelas bahasa Inggrs. Hasil temuan ini menunjukan 37 (92%) butir soal test tergolong kedalam kemampuan berpikir tingkat rendah sedangkan 3(8%) butir soal test tergolong kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ulangan kelas bahasa inggris yang digunakan untuk kelas 10 semester kedua di SMAN 72 Jakarta belum mempromosikan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: Test Sumatif, Taksonomi Bloom Revisi, Kemampuan berpikir tingkat tinggi.
SS00019731 | SK 19731 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain