Text
Student teachers' metacognitive awareness of their reading strategies in English language education study program
ABSTRAK
GLADIS WOROSHINTO. 2018. Kesadaran Metakognitif dalam Strategi Membaca Siswa Guru di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Jakarta, Agustus 2018.
Penelitian ini menginvestigasi kesadaran metakognitif siswa guru tentang strategi membaca yang mereka gunakan dalam mengatasi teks-teks bacaan akademik. Penelitian ini difokuskan pada dua pertanyaan utama; apa jenis kesadaran metakognitif dari strategi membaca yang sering digunakan siswa guru ELE-SP dalam kegiatan membaca dan bagaimana kesadaran metakognitif siswa guru ELE-SP di dalam MARSI. Instrumen MARSI Mokhtari dan Reichard telah digunakan untuk mengumpulkan data dari enam puluh satu siswa guru ELE-SP Universitas Negeri Jakarta yang menjadi subjek penelitian, mereka secara sukarela berpartisipasi dalam penelitian dan menyelesaikan kuesioner MARSI, kemudian sekitar 20% responden terlibat dalam wawancara untuk tujuan triangulasi. Temuan itu mengungkapkan bahwa siswa guru ELE-SP 'memiliki kemampuan membaca yang sangat baik untuk memecahkan masalah dalam penggunaan strategi ini. Secara signifikan, kategori ini lebih tinggi daripada kemampuan strategi membaca global dan strategi membaca pendukung. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa instrumen MARSI dapat diandalkan dan valid untuk mengukur dan menilai kesadaran metakognitif siswa guru.
Kata Kunci: Kesadaran Metakognitif, Strategi Membaca Metakognitif (MARSI), Strategi Membaca, Guru Siswa ELE-SP.
SS00019728 | SK 19728 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain