Text
The use of Information and Communication Technology (ICT) based-activities for meaningful learning : a descriptive study at SMP Islam Tugasku Jakarta Timur
ABSTRAK
Siti Hanipah. 2018. Penggunaan TIK Berbasis Kegiatan kelas pada Pembelajaran Bermakna (Studi Kualitatif Deskriptif di SMP Islam Tugasku, Jakarta Timur). Skripsi: Jakarta, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penggunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi pendorong utama dalam transformasi Pendidikan di seluruh dunia. Di Indonesia, Kurikulum 2013 telah menyarankan para Guru untuk mengintegrasikan pengunaan TIK di dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis macam-macam alat TIK di dalam aktivitas kelas yang mengarah pada lima dimensi dari pembelajaran bermakna. Metode penelitian ini menggunakan studi Deskriptif Kualitatif. Instrumen Penelitian ini menggunakan rubrik modifikasi Technology Integration Matrix berfungsi sebagai instrument pengamatan kelas. Selain itu, wawancara terbuka dilakukan untuk mendukung hasil penelitian. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa alat-alat TIK baik Perangkat keras (LCD Projector, dan Smartphone) maupun Perangkat lunak (Ms. Power Point, Video Player, Web Browser, dan Sosial media) merupakan alat-alat TIK yang sering digunakan didalam kelas. Kemudian alat TIK dalam aktivitas kelas tersebut hanya menggambarkan empat dimensi saja, yaitu, Active, Collaborative, Constructive, dan Authentic. Selain itu, penelitian ini hanya mampu mengambarkan Entry level dan Adoption level dalam ranah pembelajaran bermakna. Kesimpulannya, dinyatakan bahwa kegiatan kelas di SMP Islam Tugasku sudah terintegrasi dengan penggunaan TIK namun, tidak mengarah kepada pembelajaran bermakna karena kegiatan kelas yang telah diamati tidak menggambarkan ranah pembelajaran bermakna. Namun demikian, empat karakteristik lain dari pembelajaran bermakna dalam seluruh kegiatan kelas dapat dijelaskan dan digambarkan. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi sebuah refleksi untuk kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis TIK dalam meningkatkan pembelajaran yang bermakna. Oleh karena itu, hal ini juga dapat menjadi alat dan media konsultatif bagi pengembang profesional Guru. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas Guru dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan kegiatan belajar terintegrasi dalam kurikulum 2013.
Kata kunci: Integrasi TIK, Kegiatan Kelas, Pembelajaran Bermakna
SS00019716 | SK 19716 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain