Text
Pola ritmik Kendang Reog Ponorogo dalam tari Lakon Dhadak Merak di Sanggar Singo Wijoyo Kampung Makasar Jakarta Timur
ABSTRAK
Rizky Mulyawan. Pola Ritmik Kendang Reog Ponorogo dalam Tari Lakon Dhadak Merak di Sanggar Singo Wijoyo Kampung Makasar Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Musik, Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola Ritmik Kendang Tari Dhadak Merak Reog Ponorogo dan Iringan Musik. Serta mendokumentasikan Pola Ritmik Kendang Reog Ponorogo kedalam bentuk notasi musik sebagai salah satu bentuk dokumentasi kesenian tradisional indonesia.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yang berfokus pada objek yang diteliti yaitu Pola Ritmik Kendang Reog Ponorogo dalam Tari Lakon Dhadak Merak. Penelitian dilakukan pada bulan November 2018 – Januari 2019 di Kampung Makasar Jakarta Timur. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang diartikan sebagai pengecekan metode, teori dan data dari berbagai narasumber.
Hasil penelitian ini adalah Kendang Reog Ponorogo memiliki dasar suara Dheng, Dhet, Ket Tak, Tung, dan Tong. Pola ritmik dasar Tari Dhadak Merak memiliki 7 pola ritmik kendang yaitu gerak Brangkangan atau Lampah Jongkok, Kebatan, Ukel Prapatan, Ukel, Ukel Merak Notol, Ukel Merak Kalangan, dan Ukel Merak Edrek.
Implikasi penelitiannya diharapkan dapat menjadi media informasi atau materi pembelajaran untuk masyarakat luas seperti ekstrakurikuler di sekolah dan sanggar kesenian tentang pola ritmik dan pola iringan kendang kesenian Reog Ponorogo. Selain itu, peneliti berharap dapat diterapkan sebagai pembelajaran mata kuliah minor perkusi etnik di Universitas Negeri Jakarta.
Kata Kunci : Kendang, Ritmik, Dhadak Merak, Reog Ponorogo.
SS00019715 | SK 19715 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain