Text
Pengaruh problem based learning menggunakan social media e-learning terhadap hasil belajar sistem pencernaan peserta didik SMP
ABSTRAK
AUVA RUSYDA ZAKIA. Pengaruh Problem Based Learning Menggunakan Social Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Pencernaan Peserta Didik SMP. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2018.
PBL adalah pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks pembelajaran, sementara E-Learning adalah kegiatan pembelajaran yang memungkinkanya tercapai bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan media internet, salah satunya dengan social media LINE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Penelitian dilakukan pada November 2018 di SMPIT Asy-syukriyyah, Tangerang, dimana dua kelompok masing-masing memiliki sampel 25 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Rancangan perlakuan adalah non-equivalent control group design. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis mendapatkan thitung sebesar 2.57 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2.44 , maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan. Hasil terlihat pada selisih rata-rata kelas eksperimen lebih besar 7.88.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh PBL menggunakan social media E-Learning terhadap hasil belajar Sistem Pencernaan peserta didik SMP.
Kata kunci: E-Learning, Hasil belajar, LINE, PBL,
SS00019906 | SK 19906 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain