Text
Media pembelajaran e-module fisika pada pokok bahasan gelombang dengan model quantum learning
ABSTRAK
PUTRI DINNY DECCA PUSPHITA SARI, 2019. Media Pembelajaran E-Module Fisika pada Pokok Bahasan Gelombang dengan Model Quantum Learning. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2019.
Salah satu faktor yang mempengaruhi keefektifan suatu kegiatan pembelajaran adalah adanya motivasi peserta didik dalam belajar. Quantum learning adalah model pembelajaran yang memuat bagaimana cara otak dalam mengatur informasi sehingga proses pembelajaran terasa menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-module yang layak digunakan pada pembelajaran fisika dengan model quantum learning. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan analisis kebutuhan pada 33 responden sebagai studi awal. Didapatkan hasil sebesar 87.9% peserta didik lebih menyukai belajar dengan media audio-visual. Maka, dikembangkannyalah e-module yang dapat memuat gambar serta video. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Penilaian angket validasi diinterpretasikan dengan Skala Likert. Hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 88.69% dengan kategori sangat layak, uji validasi oleh ahli media sebesar 83.57% dengan kategori sangat layak, serta uji validasi oleh ahli pembelajaran sebesar 95.38% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan dilakukan pada 30 peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 3 Tambun Selatan dengan didapatkan hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 28.7 dan post-test sebesar 62.7. Hasil yang diperoleh pada uji Gain sebesar 0.4 dengan klasifikasi sedang. Berdasarkan data, disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan gelombang untuk Kelas XI SMA.
Kata-kata kunci: e-module, gelombang, quantum learning
SS00019909 | SK 19909 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain