Text
Pengembangan buku saku biologi berbasis mind map (biomap) sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa SMA kelas X
ABSTRAK
ANITA JULITA. Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap) sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA Kelas X. Di bawah bimbingan ADE SURYANDA, EKA PUTRI AZRAI.
Penggunaan sumber belajar pendukung pada proses pembelajaran berperan penting untuk menghindari kesan monoton dan pembatasan siswa dalam menggali informasi dari sumber lain. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan menghasilkan sumber belajar komplementer berupa buku saku Biomap yaitu akronim dari ‘BIologi berbasis Mind mAP’ pada materi biologi kelas X SMA semester genap. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate) dengan tahapan; (1) analisis kebutuhan, (2) desain konten buku, (3) pengembangan draft buku, (4) uji validasi oleh ahli dan uji coba kepada guru serta siswa, (5) evaluasi dan revisi buku. Hasil uji kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh skor rerata 87,5%, ahli media sebesar 86,1%, ahli materi sebesar 87,55%, uji coba kepada guru sebesar 82,5%, peserta didik kelompok kecil sebesar 86,17% dan kelompok besar sebesar 89%. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 86,47%. Berdasarkan interpretasi skor, produk yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak. Buku saku Biomap diaplikasikan pada 28 siswa dengan mengambil nilai pretest dan post-test. Uji efektivitas dengan gain ternormalisasi sebesar 0,41 menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan buku Biomap memperoleh peningkatan sedang. Dapat disimpulkan buku saku biologi berbasis mind map efektif dan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pendukung.
Kata Kunci. Biomap, buku saku, mind map
SS00019920 | SK 19920 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain