Text
Pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi turunan untuk siswa kelas XI SMK bisnis dan manajemen
ABSTRAK
Rika Adhariantini. Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Turunan untuk Siswa Kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidian Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Jakarta, Februari, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar matematika untuk siswa SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen. Buku ajar ini dibuat karena buku ajar yang digunakan oleh SMK pada umumnya tidak sesuai dengan kurikulum SMK yang sesuai dengan bidang keahlian, sehingga siswa dapat termotivasi belajar matematika sesuai dengan bidang keahlian bisnis dan manajemen pada materi turunan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi turunan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama dalam proses pembelajaran, yakni konstruktivisme (contructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assesment).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur dan pengembangan model yang digunakan adalah model Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan buku ajar matematika yaitu sebagai berikut: a) tahap penelitian pendahuluan berupa penyebaran kuesioner dan wawancara kepada siswa dan guru SMK Negeri 50 Jakarta; b) tahap perencanaan dan pengembangan dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman penyusunan model draft I buku ajar; c) tahap validasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli media dan revisi produk; d) tahap uji coba lapangan skala kecil; e) tahap uji coba lapangan skala besar.
Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, serta ahli media, secara keseluruhan aspek materi dan bahasa memperoleh persentase rata-rata 90,55% yang berkategori sangat baik dan aspek media memperoleh persentase rata-rata 89,4% yang berkategori sangat baik. Pada hasil evaluasi guru secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 92,5% yang berkategori sangat baik. Pada uji coba lapangan skala kecil secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 83,88% yang berkategori sangat baik. Sedangkan pada uji coba lapangan skala besar secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 85,74% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, evaluasi guru, uji coba lapangan skala kecil dan besar dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen pada materi turunan.
Kata kunci: Buku Ajar, Turunan, SMK Bisnis dan Manajemen, Pendekatan CTL, Research and Development.
SS00019902 | SK 19902 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain