Text
Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe fan n pick dan team games tournament terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMA negeri di Cibinong
ABSTRAK
NADHIFA ISMAYA PUTRI. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan N Pick dan Team Games Tournament terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Negeri di Cibinong. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Fan N Pick lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 1 Cibinong dan SMAN 2 Cibinong kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2018-2019 pada pokok bahasan limit fungsi.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah two stage sampling. Pada stage pertama menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih satu dari beberapa guru mata pelajaran matematika pada tingkatan yang sama. Stage berikutnya menggunakan cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen I (model pembelajaran Fan N Pick) dan kelas eksperimen II (model pembelajaran Team Games Tournament) dari sepuluh kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis siswa pada pokok bahasan limit fungsi sebanyak empat soal uraian. Sebelum digunakan, instrument tersebut telah diuji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empiris. Perhitungan reabilitas dilakukan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar = 0,455 yang termasuk dalam kategori sedang.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, data kedua kelas eksperimen berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki varians sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik dilakukan menggunakan statistik uji-t dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh = 2,4696 dan = 1,9768. Nilai yang berarti tolak pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Fan N Pick lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Fan N Pick, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Kemampuan Pemahaman Matematis
SS00019887 | SK 19887 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain