Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMAN 101 Jakarta
ABSTRAK
BELVA YESSICA GRACE M, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Round Table terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 101 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun dalam kenyataannya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Siswa kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematis yang dimiliki kedalam bentuk simbol, tabel dan grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Round Table memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA SMAN 101 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment (eksperimen semu). Populasi target penelitian yang ini adalah seluruh siswa SMAN 101 Jakarta dan populasi terjangkau pada penelitian ini ialah siswa XI MIPA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu pengambilan dua dari empat kelas yang telah lolos uji prasyarat analisis data sebelum perlakuan yaitu kelas yang berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata. Maka dipilih dua kelas yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis pada pokok bahasan Baris dan Deret sebanyak empat soal uraian. sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi serta konstruk yang telah dilakukan oleh dosen ahli dan guru. Selanjutnya dilakukan uji validitas empiris, untuk melihat validitas setiap butir soalnya. Lalu instrumen yang bersifat valid di tes reliabilitasnya, yang mana koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,5602. Berdasarkan perhitungan data penelitian kedua kelas, baik pada kelas kontrol (yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional) maupun pada kelas eksperimen (yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table). Masing-masing berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dan taraf signifikan α=0,05. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai thitung= 2.43499 dan ttabel= 1.6682 , sehingga di dapatkan thitung> ttabel. Sehingga tolak H0 dan diperoleh kesimpulan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table (kelas eksperimen) lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Table terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMAN 101 Jakarta.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Round Table, Kemampuan Komunikasi Matematis
SS00019890 | SK 19890 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain