Text
Hubungan antara kesungguhan (conscientiousness) dan ketekunan (persistence) dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem
ABSTRAK
FRISKA MATDALENA. Hubungan antara Kesungguhan (Conscientiousness) dan Ketekunan (Persistence) dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Di bawah bimbingan SUPRIYATIN, DIANA VIVANTI SIGIT.
Hasil belajar seseorang ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kesungguhan dan ketekunan termasuk faktor internal yang menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesungguhan dengan hasil belajar siswa, mengetahui hubungan antara ketekunan dengan hasil belajar siswa, dan mengetahui hubungan kesungguhan dan ketekunan dengan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 13 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018. Jumlah sampel penelitian sebanyak 121 siswa secara simple random sampling. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik survei melalui studi korelasional. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Data diuji dan dianalisis dengan uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kesungguhan dengan hasil belajar biologi siswa memiliki korelasi rendah, hubungan antara ketekunan dengan hasil belajar biologi siswa memiliki korelasi rendah, dan terdapat hubungan antara kesungguhan dan ketekunan dengan hasil belajar biologi siswa memiliki korelasi rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kesungguhan dengan hasil belajar siswa, hubungan positif antara ketekunan dengan hasil belajar siswa, dan hubungan positif antara kesungguhan dan ketekunan dengan hasil belajar siswa.
Kata kunci. Hasil belajar siswa, kesungguhan, ketekunan.
SS00019934 | SK 19934 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain