Text
Pengembangan alat praktikum pada percobaan bidang miring dengan sistem sensor sebagai media pembelajaran fisika untuk pokok bahasan hukum Newton analisa gerak di bidang miring
ABSTRAK
Ahmad Rifaldi, 2019 “Pengembangan Alat Praktikum Pada Percobaan Bidang Miring Dengan Sistem Sensor Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Analisa Gerak Di Bidang Miring”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Alat Praktikum Bidang Miring dengan Sistem Sensor yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap impelementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Hasil validasi dan uji coba menunjukkan rata-rata presentase oleh ahli materi 98%, oleh ahli media 85%, oleh guru fisika SMA 86% dan dari peserta didik SMA kelas XI 91.22%. Hasil rata-rata uji gain sebesar 0.50 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik termasuk dalam interpretasi sedang. Sehingga, media pembelajaran alat Praktikum bidang miring dengan system sensor Untuk Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Analisa Gerak Di Bidang Miring layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran; Model ADDIE; Alat Praktikum
SS00019899 | SK 19899 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain