Text
Studi penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran kimia sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir analisis siswa
ABSTRAK
MARYANA INDAH SARI. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) terintegrasi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Kimia sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir analisis siswa melalui penerapan CTL terintegrasi TTW dalam pembelajaran kimia. Penelitian diuji coba pada materi redoks kelas X di SMA Jakarta berjumlah 33 siswa menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, reflektif jurnal, lembar kerja, dan tes pada kemampuan berpikir analisis siswa menurut Chicago State University dengan enam kriteria indikator, yaitu: mengumpulkan informasi dan data, mengidentifikasi masalah, membahas isu secara kritis, menentukan dan memastikan penyebab masalah, mengidentifikasi hasil pemikiran, dan mengidentifikasi tindakan, dengan tiga tingkatan level, yakni level 1 (rendah), 2 (sedang), dan 3 (tinggi). Pada proses pembelajaran digunakan pendekatan CTL dengan tiga tahapan pembelajaran yaitu tahap Think, Talk, dan Write. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 63% atau sebanyak 19 siswa terdapat pada level 2 (Sedang), 29% atau sebanyak 10 siswa mencapai level 3 (tinggi), dan 8% atau sebanyak 3 siswa hanya pada level 1 (rendah) artinya sebagian besar siswa telah mampu mengumpulkan informasi dan data yang dibutuhkan, mengidentifikasi masalah, membahas isu secara kritis, mampu menentukan dan memastikan penyebab masalah, tetapi kurang mampu mengidentifikasi tindakan pencegahan terhadap masalah yang ditemuinya. Data tersebut menunjukan penerapan CTL terintegrasi TTW dapat menjadi rujukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir analisis siswa.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, kemampuan berpikir analisis, pembelajaran kimia.
SS00019897 | SK 19897 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain