Text
Pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi transformasi geometri untuk siswa kelas XI SMK bisnis dan manajemen
ABSTRAK
Fauziah Latifah. Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidian Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Jakarta, Februari, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa buku ajar matematika untuk siswa kelas XI SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen. Buku ajar ini dibuat karena buku ajar yang digunakan oleh SMK kebanyakan tidak sesuai dengan kurikulum SMK yang sesuai dengan bidang keahlian, sehingga siswa dapat termotivasi belajar matematika sesuai dengan bidang keahlian bisnis dan manajemen pada materi transformasi geometri. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi transformasi geometri dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama dalam proses pembelajaran, yakni konstruktivisme (contructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assesment).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan buku ajar matematika yaitu sebagai berikut: a) tahap penelitian pendahuluan berupa penyebaran kuesioner kepada siswa dan wawancara kepada guru SMKN 10 Jakarta; b) tahap perencanaan dan pengembangan dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman penyusunan buku ajar; c) tahap membuat pengembangan berupa draft 1; d)tahap validasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli media dan revisi produk; e) tahap uji coba lapangan kelompok kecil dan kelompok besar.
Berdasarkan validasi ahli materi dan Bahasa, serta ahli media, secara keseluruhan aspek materi dan bahasa memperoleh persentase rata-rata 85,61% yang berkategori sangat baik dan aspek media memperoleh persentase rata-rata 89,44% yang berkategori sangat baik. Pada hasil evaluasi guru secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 96,53% yang berkategori sangat baik. Pada uji coba lapangan skala kecil secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 87,38% yang berkategori sangat baik. Sedangkan pada uji coba lapangan skala besar secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 88,75% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, evaluasi guru, uji coba lapangan skala kecil dan besar dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi transformasi geometri kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen.
Kata kunci: Buku Ajar, Transformasi Geometri, SMK Bisnis dan Manajemen, Pendekatan CTL, Research and Development.
SS00019901 | SK 19901 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain