Text
Hubungan perilaku interpersonal guru dan partisipasi peserta didik dengan hasil belajar biologi di SMA
ABSTRAK
YUSNIA EKA PUTRI. Hubungan Perilaku Interpersonal Guru dan Partisipasi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Biologi di SMA. Dibawah bimbingan SUPRIYATIN, EKA PUTRI AZRAI
Perilaku interpersonal guru memiliki peran yang penting dalam interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik. Interaksi antara guru dan peserta didik berkaitan dengan partisipasi peserta didik selama pembelajaran. Partisipasi peserta didik berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku interpersonal guru dan partisipasi peserta didik dengan hasil belajar peserta didik di SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Bekasi pada bulan Oktober-November 2018. Sampel penelitian berjumlah 114 peserta didik kelas 11 program MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara perilaku interpersonal guru dengan hasil belajar peserta didik, terdapat hubungan positif antara partisipasi peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, terdapat hubungan positif antara perilaku interpersonal guru dengan partisipasi peserta didik, dan terdapat hubungan positif antara perilaku interpersonal guru dan partisipasi peserta didik dengan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: hasil belajar, partisipasi, perilaku interpersonal guru
SS00019940 | SK 19940 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain