Text
Pengembangan modul pembelajaran online pada mata pelajaran kimia
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN KIMIA
Penelitian Pengembangan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran online pada mata pelajaran Kimia, mengetahui kelayakan modul, dan mengetahui efektivitas modul. Model penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggabungkan model Rowntree dan ILDF (Integrative Learning Design Framework). Tahapan pada model pengembangan Rowntree meliputi perencanaan, persiapan penulisan, penulisan dan penulisan kembali. Hasil dari tahapan tersebut berupa modul cetak yang kemudian didisain serta dikembangkan lebih lanjut menggunakan model ILDF yang tahapnya meliputi eksplorasi, enactment (pemberlakuan) dan evaluasi.
Hasil penilaian yang dilakukan dalam skala 1-4 pada uji kelayakan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 3,72; ahli disain pembelajaran 3,68 dan ahli media sebesar 3,58 serta hasil Face to Face Try Out sebesar 3,61. Uji keterbacaan dengan Fog Index menunjukkan nilai keterbacaan modul tergolong mudah (5,05). Berdasarkan hasil uji lapangan yang melibatkan 20 siswa diperoleh kenaikkan hasil belajar sebesar 43,75 dengan nilai rata-rata pre test sebesar 35,00 dan post test sebesar 78,75. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran online pada mata pelajaran Kimia berlangsung efektif.
Kata kunci : Modul Online, Rowntree, ILDF, Kimia
TM00005882 | TM 5882 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain