Text
Pengembangan modul online untuk remedial pembelajaran IPS di kelas VII SMP
PENGEMBANGAN MODUL ONLINE UNTUK KEGIATAN REMEDIAL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMPN 123 JAKARTA
IKE ARRIANY
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul online yang efektif untuk pembelajaran remedial. Modul ini dikembangkan untuk membantu siswa Sekolah Menengah Pertama mencapai standar kompetensi yang ditetapkan pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan untuk mengembangkan modul remedial online adalah model Rowntree dan Web Based Design. Data dikumpulkan berdasarkan quesioner, interview, dokumen hasil pembelajaran dan test. Hasil uji validasi pakar materi, media, desain instruktional dan uji satu-satu menunjukkan bahwa modul ini sesuai dan layak digunakan untuk pembelajaran remedial. Hasil uji keterbacaan dengan menggunakan fog-index juga menunjukkan materi pada modul mudah dipahami. Hasil uji lapangan dengan menggunakan perhitungan t-test menunjukkan terdapat perbedaan significant terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul dengan kata lain modul remedial online untuk pembelajaran IPS dinilai efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: remedial, pemebelajaran remedial, hasil belajar, modul, pembelajaran online
TM00005883 | TM 5883 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain