Text
Pengaruh inquiry based learning dan assessment literacy terhadap struktur kognitif siswa SMA kelas XI dalam pembelajaran kimia : eksperimen di Jakarta
PENGARUH INQUIRY BASED-LEARNING DAN ASSESSMENT LITERACY TERHADAP STRUKTUR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
NORMA MUNINGSIH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh inquiry based-learning dan assessment literacy terhadap struktur kognitif siswa SMA kelas XI dalam pembelajaran Kimia. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 89 Jakarta dan SMA Negeri 11 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan menggunakan desain Treatment by Level (2x2). Perlakuan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Kimia menggunakan inquiry based learning dan assessment literacy yang baik sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini adalah (1) struktur kognitif antara siswa yang pembelajaran Kimia menggunakan inquiry based-learning lebih baik daripada siswa yang pembelajaran Kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan assessment literacy terhadap struktur kognitif siswa, (3) struktur kognitif siswa yang pembelajaran Kimia menggunakan model inquiry based-learning lebih tinggi daripada siswa yang pembelajaran Kimia menggunakan model kooperatif untuk siswa dengan assessment literacy baik. Kebaruan penelitian ini adalah assessment literacy memiliki peran dalam membuat siswa sadar pentingnya dilaksanakan assessment yang tidak hanya untuk mendapatkan nilai tetapi dapat dijadikan feedback terhadap hasil assessment siswa untuk kemajuan belajar dan prestasi siswa. Kemajuan belajar yang baik dan penggunaan inquiry based-learning dalam pembelajaran Kimia akan memberikan pengaruh baik terhadap struktur kognitif siswa.
Kata Kunci: Inquiry Based-Learning, Assessment Literacy, Struktur Kognitif, Pembelajaran Kimia
TM00005932 | TM 5932 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain