Text
The praxis of honesty building at SMPN 1 Pekanbaru
ABSTRAK
Ade Prima Rahayu, 2019. Praksis Penanaman Kejujuran di SMPN 1 Pekanbaru. Tesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan karakter jujur dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama. Data pada penelitian ini berdasarkan tiga komponen: 1) aktifitas di kelas; 2) interaksi antar anggota sekolah di dalam dan di luar kelas; dan 3) lingkungan sekolah, dan data dikumpulkan menggunakan tiga instrumen; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh anggota sekolah telah mempraktikkan kejujuran yang secara teoritis terdapat dalam Kompetensi Inti 2 di Kurikulum 2013 melalui aspek tanggung jawab, disiplin, dapat dipercaya, dan lingkungan yang mendukung dalam tiga komponen sekolah. Di dalam kelas, aspek tanggung jawab, disiplin, dan dapat dipercaya sering kali ditemukan di bagian inti pembelajaran. Di luar kelas, terdapat interaksi antara siswa dengan guru, pustakawan, penjaga sekolah, penjaga kantin, dan staf kebersihan yang mengindikasikan terdapatnya praktek kejujuran. Terakhir, dapat dibuktikan bahwa terdapat usaha mendukung penanaman karakter siswa dengan menggunakan semboyan, simbol, and berbagai kata bijak yang ditempatkan di lokasi-lokasi yang dapat dengan mudah terbaca dan terlihat oleh setiap orang di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: praksis, kejujuran, kelas bahasa Inggris, sekolah menengah pertama
TM00005929 | TM 5929 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain