Text
Peningkatan kemampuan membaca pada layanan program remedial melalui penggunaan permainan kartu kata siswa kelas III SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara : penelitian tindakan di SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA LAYANAN PROGRAM REMEDIAL MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA SISWA KELAS III SDN KELAPA GADING TIMUR 03 JAKARTA UTARA
MIFTAHUL ZANNAH
7526100376
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan teknik permainan kata siswa kelas III SDN Inklusi Kelapa Gading Timur 03 Pagi Jakarta Utara . Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi praktik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi praktik pembelajaran. Dalam penelitian ini diupayakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III.
Data hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata kemampuan membaca pada layanan program remedial untuk anak disleksia mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 61,14% menjadi 81,14% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil pemantau tindakan siswa mengalami peningkatan sebesar 30,00% dari 60,00% menjadi 90,00%, begitupun dengan pemantau tindakan guru mengalami peningkatan sebesar 26,66% dari 66,67% menjadi 93,33%. Peningkatan kemampuan membaca pada layanan program remedial untuk siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I sampai siklus II.
Kata kunci : penelitian tindakan, remedial, membaca
TM00005914 | TM 5914 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain