Text
Pengembangan hands - on activity guided berbasis open ended approach untuk meningkatkan kemampuan hipotesis deduktif fisika SMA
PENGEMBANGAN HANDS-ON ACTIVITY GUIDED
BERBASIS OPEN ENDED APPROACH UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIPOTESIS DEDUKTIF
FISIKA SMA
ORNELA IZZAWATI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk
memfasilitasi kegiatan praktek fisika. Penelitian ini dilatarbelakangi dari minimnya
intensitas aktivitas praktikum fisika di sekolah, dikarenakan sarana prasarana
praktikum fisika di sekolah kurang memadai, menyatakan alokasi waktu untuk
praktikum fisika kurang mencukup dan hanya sedikit lembar kerja yang digunakan
memfasilitasi siswa berpikir deduktif . Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan Hands-On Activity Guided berbasis Open Ended Approach untuk
meningkatkan kemampuan hipotesis deduktif fisika SMA. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ASSURE. Instrumen yang
digunakan adalah tes benar-salah untuk mengukur kemampuan hipotesis deduktif
siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajar dan guru
dengan kategori hasil sangat layak. Media yang dikembangkan berupa kumpulan
muatan aktivitas praktikum fisika siswa yang menggunakan alat dan bahan seharihari
berbasis open ended approach dan mampu mengarahkan siswa pada proses
berpikir terbuka dan divergen sehingga kemampuan hipotesis deduktif dalam
pembelajaran fisika cukup meningkat yang ditunjukkan dengan skor N-Gain 0,64.
Kata Kunci: Hands-On Activity, Open Ended Approach, hipotesis deduktif
TM00005901 | TM 5901 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain