Text
Pengaruh pendekatan etnosains dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar materi jamur peserta didik SMA kelas 10
PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS DAN KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JAMUR
PESERTA DIDIK SMA KELAS 10
BERNADETA ASIH WURI DAMAYANTI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnosains dan
kemampuan berpikir kritis terhadap pembelajaran materi Jamur. Pendekatan
etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan
pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses
pembelajaran. Dalam pembelajaran berpendekatan etnosains peserta didik juga
akan diukur kemampuan berpikir kritisnya karena setiap peserta didik secara
terorganisir akan melihat dan memecahkan masalah yang ada dengan
menghubungkan segala aspek untuk mengevaluasi kemungkinan yang ada.
Kemampuan ini akan meningkatkan pemahaman yang mendalam, menciptakan
pembelajaran yang bermakna dan berujung pada hasil belajar yang meningkat.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian 2
x 2. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil
belajar materi Jamur dan tes berpikir kritis. Sampel penelitian adalah peserta didik
kelas 10 sebanyak 25 siswa pada setiap kelas perlakuan. Hasil analisis data
menunjukkan data berdistribusi normal pada setiap eksperimen dan homogen
pada setiap kelompok sebesar 0.393. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1)
pendekatan pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar dengan
nilai signifikansi sebesar 0,033 2) kemampuan berpikir kritis tidak memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,617 dan 3)
pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis tidak memiliki interaksi
yang signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,877.
Kata kunci : etnosains, saintifik, berpikir kritis, hasil belajar, jamur
TM00005900 | TM 5900 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain