Text
Hubungan locus of control siswa dengan hasil belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
RUDY ROMANSYAH. Hubungan antara Locus of Control dengan Hasil Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2019. Di bawah bimbingan MARIA PARISTIOWATI, ELLA FITRIANI.
Hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor internal dan faktor eskternal. Salah satu faktor internal dalam proses pembelajaran yaitu Locus of Control (LoC). Locus of Control adalah suatu keyakinan mengenai penyebab kesuksesan dan kegagalan yang dialaminya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara Locus of Control dengan hasil belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Uswatun Hasanah Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel penelitian berjumlah 62 orang yang dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene yang menunjukkan data tidak terdistibusi normal namun homogen. Pengujian hipotesis dengan uji koefisien korelasi Spearman pada taraf signifikansi α=0,05 hasil menunjukkan ρ =0,72, terdapat hubungan yang kuat antara Locus of Control dengan hasil belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan koefisien determinasi sebesar 52,1%. Siswa yang memiliki locus of control internal memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal.
Kata Kunci: hasil belajar, Locus of Control, kelarutan
SS00019954 | SK 19954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain