Text
Pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada SMK Negeri 10 Jakarta Timur
ABSTRAK
LUTHFYANA KHOIRINNISA. 8105141445. Pengaruh Disiplin Belajar dan
Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Otomatisasi
Perkantoran pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di
SMK Negeri 10 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin
belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x otomatisasi
perkantoran pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMK
Negeri 10 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan, terhitung
dari bulan Februari 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 10 Jakarta Timur yang berjumlah
721 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran
SMK Negeri 10 Jakarta Timur. Teknik yang digunakan adalah teknik acak
proporsional. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data telah berdistribusi normal
dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji
multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari disiplin belajar dan kemandirian
belajar sebesar 0,106 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 9,392 < 10. Sedangkan hasil uji
heteroskedastisitas disiplin belajar melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi
0,823 > 0,05 dan kemandirian belajar 0,818 > 0,05. Selanjutnya persamaan
regresi yang didapat yaitu Ŷ = 52,142Y + 2,132 X1 + 0,143X2. Berdasarkan uji
hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Pertama, berdasarkan hasil uji F maka
(Fhitung > Ftabel), yaitu sebesar 1581,144 > 4,00. Kedua, berdasarkan hasil uji t
maka (thitung > ttabel ), yaitu disiplin belajar sebesar 15,393 > 2,004 dan
kemandirian belajar sebesar 3,099 > 2,004. Berdasarkan uji koefisien determinasi,
disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap
hasil belajar sebesar 98,3% sedangkan sisanya 1,7% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang
signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar
siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran pada mata pelajaran Pengantar
Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 10 Jakarta Timur.
Kata kunci: Hasil Belajar, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar
SS00020062 | SK 20062 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain