Text
Hubungan antara kemudahan penggunaan dan kepercayaan dengan keputusan pembelian di e-commerce Lazada pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
IRMA RAMADHANI, Hubungan antara Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan dengan Keputusan Pembelian di E-commerce Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2019 di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemudahan penggunaan dan kepercayaan dengan keputusan pembelian di e-commerce Lazada pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode survei, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 130 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 36,754 + 0,278 X1 + 0,339 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig nilai residual dari keseluruhan variabel adalah 0,200. maka dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga keseluruhan data dianggap normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,782 < 3,066 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,727 < 3,066, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 19,433 > 3,066, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan uji Y atas X1 thitung = 4,624 dan ttabel = 1,65694, Y atas X2 thitung = 5,303 dan ttabel = 1,65694. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan terdapat hubungan antara kemudahan penggunaan dengan keputusan pembelian. Positif dan signifikan terdapat hubungan antara kepercayaan dengan keputusan pembelian. Positif dan signifikan terdapat hubungan antara kemudahan penggunaan dan kepercayaan dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,234 yang menuunjukkan bahwa 23,4% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kemudahan penggunaan dan kepercayaan.
Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
SS00020364 | SK 20364 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain