Text
Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X akuntansi SMKN 1 Bogor
ABSTRAK
SITI NURLAELA, 8105150333, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bogor. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bogor berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang dan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Non Equivalent Control Group Design.
Untuk menjaring data dari variabel digunakan soal tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar peserta didik. Perhitungan vaiditas soal menggunakan rumus Product Moment dan realibilitas soal menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (KR-20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 13,2 dengan ttabel 1,69. Dengan demikian thitung > ttabel (13,2 > 1,69), artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bogor.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran problem solving mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Bogor.
Kata Kunci : Model Pembelajaran problem solving, Hasil Belajar
SS00020349 | SK 20349 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain