Text
Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK Negeri 22 jakarta
ABSTRAK
ALIVA PASHA ARDA, 8105154069, Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Disiplin Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK Negeri 22 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK Negeri 22 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 216 orang siswa dengan sampel 135 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis dengan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 6,124 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9781. Disiplin siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,658 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9781. Secara simultan ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 26,683 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,537 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 28,8%, yang artinya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis adalah sebesar 28,8%, sedangkan 71,2% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan di dalam penelitian ini.
Kata kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar, Disiplin Siswa
SS00020371 | SK 20371 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain