Text
Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X di SMK Bina Siswa Utama Bekasi
ABSTRAK
TRIESYAS MAYA ADE PUTRI. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga
Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Di SMK Bina Siswa Utama Bekasi. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta, 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara disiplin belajar dan
lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X di SMK Bina Siswa Utama
Bekasi. Penelitian ini dilakukan terhitung bulan Desember sampai dengan Mei 2019. Metode
yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bina Siswa Utama Bekasi dengan jumlah 175
orang dan ukuran sampel yang diambil peneliti sebanyak 114 orang berdasarkan tabel Isaac
dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni
teknik proporsional random sampling atau teknik acak sederhana dengan menggunakan
kuesioner.
Berdasarkan uji persyaratan analisis, pada uji normalitas terdapat nilai dari motivasi belajar,
disiplin belajar, dan lingkungan keluarga sebesar 0,200 > 0,05. Sedangkan pada uji linearitas
terdapat nilai dari disiplin belajar dan motivasi belajar sebesar 0,000 < 0,05, serta terdapat juga
nilai dari lingkungan keluarga dan motivasi belajar sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji
asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari disiplin belajar dan
lingkungan keluarga yakni sebesar 0,807 > 0,1 serta nilai VIF sebesar 1,240 < 10. Sedangkan
hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi disiplin belajar yakni
sebesar 0,830 > 0,05 dan nilai signifikansi lingkungan keluarga yakni sebesar 0,237>0,05.
Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yakni Ŷ= 32,132+1,490 X1+0,444 X2. Kemudian
berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F, hasil uji t maka (thitung>ttabel) yaitu
disiplin belajar sebesar 4,426 > 1,981 dan lingkungan keluarga sebesar 5,231 > 1,981.
Sedangkan hail uji F maka (Fhitung > Ftabel) yakni sebesar 41,743 > 3,08. Berdasarkan uji
koefisien determinasi, disiplin belajar dan lingkungan keluarga untuk menjelaskan motivasi
belajar secara simultan yaitu sebesar 42,9% sedangkan sisanya yakni sebesar 57,1%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar
SS00021132 | SK 21132 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain