Text
Hubungan antara kesadaran merek dan promosi dengan keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
YULI ARFINA, Hubungan antara Kesadaran Merek dan romosi dengan Keputusan
Pembelian Smartphone Oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta di Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6
bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2019. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan antara kesadaran merek dan promosi smartphone oppo
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Metode
penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survey dengan pendekatan
korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
dengan teknik Purposive sampling sebanyak 114 orang. Persamaan regresi yang
dihasilkan adalah Ŷ = 37,419+ 0,290X1 + 0,344X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5%
atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai
sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel
tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal
dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan
Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05,
sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian
regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 25,740 > 3,08, sehingga
dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya,
dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,231 dan ttabel = 1,65870, Y atas X2
thitung = 4,038 dan ttabel = 1,65870. Nilai koefisien korelasi antara variabel kesedaran
merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,456 dan nilai koefisien
korelasi antara variabel promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar
0,503. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesadaran merek dengan
keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara promosi dengan
keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara kesadaran merek dan promosi dengan keputusan
pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,317
yang menunjukkan bahwa 31,7% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh
kesadaran merek dan promosi. Sementara itu, sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor
lain.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Promosi
SS00020396 | SK 20396 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain