Text
Hubungan antara kesadaran merek dan asosiasi merek dengan keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
ABSTRAK
NOVALINA KUSUMASTUTI, Hubungan antara Kesadaran Merek dan
Asosiasi Merek dengan Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama
6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2019. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan antara kesadaran merek dan asosiasi merek
dengan keputusan pembelian Smartphone Xiaomi pada mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Metode penelitian yang peneliti
gunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang
digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik
Purposive Sampling sebanyak 105 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan
adalah Ŷ= 18,185 + 0,606 X1 + 0,128 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5%
atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1
bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi
ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut
berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji
linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada
Linearity, yaitu 0,000
Ftabel, yaitu 40,596>3,09, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi
tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung =
6,478 dan ttabel = 1,65993, Y atas X2 thitung = 1,777 dan ttabel = 1,65993. Nilai
koefisien korelasi antara variabel kesadaran merek (X1) terhadap keputusan
pembelian (Y) sebesar 0,653 dan nilai koefisien korelasi antara variabel asosiasi
merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,463. Jadi, terdapat
hubungan positif dan signifikan antara kesadaran merek dengan keputusan
pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara asosiasi merek dengan
keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara kesadaran merek dan asosiasi merek dengan
keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh
sebesar 0,443 yang menunjukkan bahwa 44,3% variabel keputusan pembelian
ditentukan oleh kesadaran merek dan asosiasi merek. Sementara itu, sisanya
55,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek
SS00020389 | SK 20389 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain